Solusi Pemanasan Global Menurut Islam

Posting by : Ongki sang jagoan blog on Minggu, 10 Januari 2010

 

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar-Ruum : 41) 

Ayat Allah tersebut menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi di darat dan di laut karena aktifitas manusia yang tidak mengikuti jalan yang benar (syariat Allah). Akibatnya, musibah akan senantiasa mengancam kehidupan manusia. Oleh karena itu, penerapan syariat Allah merupakan satu-satunya jalan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang telah terjadi. Sedangkan syariat Allah hanya bisa diterapkan apabila ada institusi yang menerapkannya.

Khilafah adalah institusi satu-satunya yang akan menerapkan syariat Allah di muka bumi. Penerapan syariat yang sesuai kehendak Allah sebagai pemilik bumi dan seisinya tentu akan mampu memberikan dampak positif pada keseimbangan alam. Karena itu, sudah menjadi kewajiban khalifah sebagai pemegang amanah dari Allah untuk selalu berusaha menjaga keseimbangan alam dan menghilangkan segala bentuk kemudharatan atau bahaya yang akan menimpa seluruh kehidupan karena akibat aktifitas manusia.

Amanah  ini didasarkan pada sabda Rasul SAW :

“Imam adalah ibarat penggembala dan hanya dialah yang bertanggung jawab terhadap gembalaannya (rakyatnya).” (HR. Muslim)

Kaidah fikih menyebutkan :

“Tasharruf al-Imaam ‘alaa al-ra’iyyah manuuthun bi al-maslahah.” (Kebijakan Imam/Khalifah dalam mengatur rakyatnya berpatokan pada asas kemaslahatan) (Lihat Imam Suyuthi, al-Asybah wa an-Nazha`ir fi Al-Furu’).

Kaidah fikih menyatakan, “Adh-dlarar yuzal” (segala bentuk kemudharatan atau bahaya itu wajib dihilangkan). Hal ini didasarkan pada sabda Nabi SAW  “Laa dharara wa laa dhiraara.”  Tidak boleh membahayakan diri sendiri maupun membahayakan orang lain (HR Ahmad & Ibn Majah).

Oleh karena itu sebagai upaya menjaga keseimbangan alam, maka Khalifah wajib menetapkan kebijakan untuk kemaslahatan umum dalam mengatasi pemanasan global, sebagai berikut :

A.  Memperbanyak tanaman untuk menyerap gas rumah kaca yang berlebih, dengan cara :

  1. Menjaga dan mengelola hutan sesuai syariah
  2. Menjaga keseimbangan antara tingkat polusi dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) di setiap wilayah.
  3. Mewajibkan rakyat menjaga lingkungan masing-masing.
  4. Menghidupkan tanah-tanah mati.
  5. Mengambil alih tanah-tanah yang tidak dikelola selama tiga tahun dan memberikan kepada orang lain untuk mengelolanya.

B.  Mengurangi emisi gas karbon dari industri, transportasi, dan eksplorasi sumber daya alam

  1. Mengadopsi sains dan tehnologi yang bisa menjaga kelestarian lingkungan
  2. Menciptakan mesin-mesin industri dan transportasi yang ramah lingkungan, termasuk menyediakan sistem transportasi yang baik
  3. Memberi subsidi untuk konversi bahan bakar industri yang ramah lingkungan
  4. Mendorong penelitian dan pengembangan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan
  5. Menetapkan metode yang ramah lingkungan untuk eksplorasi, misalnya metode carbon sequestration.

C.  Menyiapkan SDM peduli lingkungan dan undang-undangnya

  1. Memberikan pendidikan kelestarian lingkungan kepada rakyat baik melalui jalur formal maupun non formal.
  2. Menyiapkan dan menyebar para qodli hisbah dan polisi
  3. Membuat undang-undang kelestarian lingkungan hidup

D.  Melakukan dakwah dan jihad

Dakwah dan jihad merupakan sarana agar Khilafah memimpin dunia dengan Islam, sehingga menjadi rahmat bagi seluruh alam, yang akibatnya keseimbangan alam bisa terjaga secara menyeluruh (global)

Begitu pentingnya kehadiran khilafah untuk menyelamatkan manusia dan lingkungannya, maka wilayah kekuasaan khilafah harus meliputi seluruh dunia. Karena tentu tidak ada artinya apabila kebijakan yang berwawasan lingkungan tersebut hanya diterapkan di sebagian wilayah di dunia, sedangkan sebagian yang lain mengabaikannya. Dengan kondisi tersebut keseimbangan alam tidak akan tercapai secara maksimal, yang berarti masih ada potensi kerusakan dan ketidak seimbangan alam yang bisa menyebabkan musibah bagi manusia. Jadi, khilafah memang harus memimpin dunia dengan Islam, sehingga keseimbangan alam terjaga sepenuhnya untuk menyelamatkan seluruh kehidupan dari musibah.

 

·KESIMPULAN

  1. Pemanasan Global telah mengancam kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan
  2. Pemanasan Global merupakan dampak negatif dari aktifitas manusia yang tidak diatur berdasarkan syariat Allah
  3. Kapitalisme yang mendasari aktifitas manusia tersebut telah terbukti merusak keseimbangan alam dan tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut.
  4. Khilafah adalah institusi satu-satunya harapan seluruh manusia yang akan mampu mengatasi pemanasan global dan menyelamatkan  kehidupan seluruhnya.

{ 0 Coment... read them below or add one }

Posting Komentar