Tips | Diet itu perlu ga?

Posting by : Ongki sang jagoan blog on Minggu, 10 Januari 2010

Macam-macam diet

Yang pertama namanya diet seimbang. Yang berarti kandungan kabohidrat, protein, lemak, vitamin yang kita makan harus seimbang. Yang kedua diet rendah kalori, berarti makanan yang kita makan mengandung kalori yang lebih rendah dari kebutuhan tubuh sehari-hari. Diet rendah lemak berarti makanan yang kita makan adalah makanan yang kandungan lemaknya lebih rendah. Diet DM alias Diabetes Melitus, diet khusus penderita penyakit diabetes.

Pandangan yang salah tentang diet

Yang pertama, ada yang bilang dengan mengurangi frekuensi konsumsi makan (enggak sarapan, enggak makan malem) akan mengurangi berat badan. Faktanya sich, berat badan dipengaruhi oleh jumlah kalori yang dimakan dikurangi jumlah kalori yang kita keluarkan. Semuanya juga tergantung sama aktivitas yang kita lakukan, misalnya makannya sedikit kegiatannya cuma duduk-duduk atau tidur-tiduran aja. Mana mungkin berat badan berkurang???

Yang kedua, pandangan bahwa kalau enggak makan nasi kita yakin bahwa berat badan kita bakalan turun.Padahal saat kita nggak makan nasi, kita akan ganti ke roti, kue,atau kentang, haha….  Lebih gawat khan???

Yang ketiga, pandangan yang menganggap bahwa makanan yang kecil bentuknya atau kelihatan ringan, kandungan kalorinya sedikit. Ambil contoh saja kerupuk yang kecil dan imut, yang digoreng dengan minyak yang banyak. Berapa tuh kandungan lemaknya saat di goreng? Pertimbangkan juga kalori yang ada dalam minuman manis seperti the manis, juice, soft drink, dan minuman kemasan kotak.

Kalian tau nggak yang namanya kelainan cara makna, yang bahasa kerennya Eating Disorder, itu juga termasuk kelainan psikologis lho!

Pernah denger nggak istilah BULIMIA? Itu lho, kelainan cara makan waktu seseorang mengkonsumsi makanan secara berlebihan secara sengaja memuntahkan kembali. Sebagian dari mereka sadar kalau hal itu termasuk kelainan/aneh makanya mereka cenderung tertutup, malu, penyendiri. Inget Lady Di ibunya si ganteng Pangeran William? Dia juga penderita bulimia yang akut alias parah lho!!

Kelainan makanan yang lain adalah ANOREKSIA. Kelainan pola makan saat seseorang bener-bener terobsesi pada makan dan berat badan, sangat ingin kurus dan rela enggak makan bahkan olahraga gila-gilaan. Adakalanya, walau berat badan turun drastis, tetep aja dia merasa belum kurus. Enggak perduli orang lain udah bilang kurus! Gila banget ya?!! Akibat yang sering di derita oleh penderita anoreksia adalah kurang darah, dehidrasi,depresi, dan mens nggak teratur. Akibat yang paling fatal adalah kematian karena kurang gizi.Kedua kelainan cara makan itu sama-sama punya ras percaya diri yang rendah. Udah kurus dimata orang lain tapi enggak buat diri sendiri.

So .... Perlu ngga?

{ 0 Coment... read them below or add one }

Posting Komentar