Kok nggak pernah ketemu?

Posting by : Ongki sang jagoan blog on Selasa, 16 Februari 2010

Hanamon, son goku, musashi, apakah semua emang sama 2 kera sakti??? Sejarah yang pernah dibaca / didengar pasti punyacerita lagi dibaliknya. Danbiasanya cerita 2 menyimpan itu berusia lebih tua disbanding cerita dari buku itu sendiri.Apa tujuan sejarah? Kenapa kera sakti yang bisa terbang dan keliling dunia itu tidak pernah ketemu hanoman, musashi, dan songgoku yang punya keahlian sama? ( Sama 2bisa terbang, pakai tongkat, incredible monyet, dll ).

Bedakan antara Sejarah dan mitos … Suatu hal bisa dikatakan sebagai sejarah, jika adanya bukti otentik ( baik berupa tulisan, buku, patung, benda 2 peninggalan, prasasti, dll ) Yang menunjukkan seorang tokoh, keadaan, suatu daerah, ataupun suatu kejadian. Dan sifat dari sejarah itu adalah suatu yang masuimagek logika atau logis.

Jika ada suatu hal yang telah menjadi suatu cerita rakyat dan berkembang luas di masyarakat tapi tidak pernah ditemui bukti otentik dan bersifat “khayalan” kaya manusia terbang, kejadian aneh dll ) itu disebut Mitos bukan Sejarah.

Sejarah ada untuk membuat manusia lebih maju dan belajar dari masa lalu untuk memebuat kehidupan manusia lebih maju, berkembang, dan beradap dari pada masa lalu. Jika ada sejarah yang “kotor” dengan mengetahui evek negativnya diharap kan orang bisa menahan dan tidak mengulang kesalahan yang serupa dimasa sekarang dan yang akan datang .

Jika sejarah itu “bersih” maka diharapkan manusia bisa menjadikannya sebagai acuan untuk membuat kehidupan manusia lebih baik lagi dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

Kalo persoalan yang terakhir q g tw…

Mungkin teman 2 punya jawabanyan sendiri.

{ 0 Coment... read them below or add one }

Posting Komentar