Selamatkan Bumi | Kurangi dan Cegah Global Warming (Pemanasan Global )

Posting by : Ongki sang jagoan blog on Minggu, 07 Februari 2010

 

Bahaya pemanasan Global udah didepan mata? Bumi sudah gak sehijau dulu lagi. Hutan yang ada dibumi pun udah hamper punah dan salah satu penyebabnya, pemakaian produk – produk yang bahan bakunya bersumber dari pohon. So, gimana caranya biar bumi bias hijau lagi? Pastinya kamu semua bisa berpatisipasi.

Jangan kaget kalo sekarang ini cuaca yang panas bisa tiba – tiba berubah jadi hujan deras, padahal teriknya masih berasa. Gitu juga kalo akhir-akhir ini banyak bencana, banjir besar kayak tsunami, kekeringan, badai dan sebagainya. Inilah salah satu gejala kalo bumi tercinta ini suah semakin tua. Dan ini merupakan dampak dari Global Warming alias pemanasan global. Efek dari ini semua bisa ngaruh pada kelangsungan makhluk hidup di Bumi ini termasuk manusia. Kalo ini dibiarkan, maka wilayah kutub yang ada dibenua Artik bakal meleleh tuh, dan bumi pun tenggelam karena itu. Wah, Ngeri banget kan?

Makanya, jangan Cuma bilang ngeri, kamu bisa ikut berpartisipasi kok, gag usah jauh – jauh mulai dari diri kamu aja dulu dari hal-hal kecil yang biasa kamu lakuin, baru kemudian kamu ajak temen – temen kamu, keluarga, atau sekalian pacarmu. Ingat, partisipasi kamu penting buat kelangsungan hidup kita nanti. Ngak mau kan, semuanya tenggelam karena efek pemanasan global.

Yap, pemanasan global terjadi salah satunya terjadi akibat dari aktifitas yang dikerjakan sehari-hari. Jadi kamu ngak perlu susah-susah mencari cara buat ngebantuin supaya bumi bisa kembali kayak dulu lagi. Minimal kamu bisa ikutan mengurangi kemungkinan pemanasan global yang ada di depan mata. Caranya? Kamu bisa ikutin tips dibawah ini, walaupun nggak bisa ngembaliin bumi ini kayak dulu lagi, tapi paling nggak menggurangi bahaya pemanasan global. Apa saja, ikutin yak?

 

Jangan Boros Air

Air memang penting banget banget buat kelangsungan hidup kita. Bisa dibilang air merupakan kebutuhan pokok. Kamu semua pasti tau dong, air bersuber dalam tanah. Dan masih ingat juga tentang pelajaran ipa, kalo sumber daya alam khususnya air itu terbatas. Semua ini bisa punah cuy. Makanya, dari pada parno, mending kamu ikutin tips buat menghemat air disetiap aktivitas

  1. Mandi pasti pakek air dong, dari sini kamu bisa menghemat air kok. Caranya denga mengurangi pemakaian air, nah kamu bisa kurangi, cukup setengah bak saja setiap mandi. Nggak usah nggak bersih, kamu tetep keren dan bersih dengan peduli lingkungan.
  2. Pasti kamu buang air kecil atau pipis, cukup dengan siram sekali saja. Nggak usah berkali – kali nyiramnya, kalo menurut kamu sudah bersih, dan nggak ngeganggu orang lain.Nggak usah ditambah lagi.
  3. Cukup denaga sekali bilas saja, untuk mencucu pakaian nggak usah dibilas berkali – kali. Nggak usah takut kator, karma sekarang sudah banyak pemajai pakaian dengan sekali bilas, pakaian kamu sudah bersis dan wangi.

Ngurangin Pemakaiaan Tisu

Barang satu ini emang nggak bisa jauh – jauh dari kebutuhan cewek. Ini merupakan barang wajip yang harus dibawa cewek. Yap, tisu memeng praktis buat dibawa kemana aja, apa lagi funsi tisu bemacam – macam. Disini kamu harus ubah kebiasaan kamu, sebab produk tisu membutuhkan berjuta – juta pohon untuk diolah menjadi tisu. Bayngi aja, dalam waktu empat atau lima tahun kedepan bisa tenggelam karena melelehnya kutup utara dan selatan. Serem ya! Kamu gak mau kan ini terjadi, makanya mari kita belajar menghema tisu dengan caradiantaranya :

  1. Setiap kamu berpegian, kamu biasa memakai tisu entah buat lap keringat, atau juga untuk asap bus kuta pas kamu lagi dijalan raya. Kebiasaan ini bisa dihilangi kok dengan pengganti tisu dengan sapu tangan Biasain kamu bawa sapu tangan setiap hari, fungsinya untuk mengganti pemakaiaan tisu.
  2. Nggak selalu memakai tisu setelah buang air kecil. Buang jauh – jauh pikiran, kalo tanpa tisu kita gak akan bersih. Jangan ya cuy, kamu juga tetep juga bersis dengan memakai air setiap habis buang air kecil.

 

Mulai Recycle

Salah satu bentuk partisipasi biar sampah nggak menumpuk, gunakan barang-barang yang sifatnya bisa di recycle. Maksudnya barang-barang yang kamu pake bisa didaur ulang. Ini berguna banget buat ngurangin jumlah sampah yang dihasikan manusia. Caranya? Begini :

  1. Sampah bekas makanan ringan dan minuman kemasan alias softdrink seperti ciki, wafer, minuman sari buah dan sebagainya jangan dubuang gitu aja. Ingetin juga nyokap kamu buat ngumpulin bekas sampah detergen, pewangi pakaian, bungkus untuk cuci piring dan sebagainya. Loh, kok dukumpulin, emang buat apa? Buat dimasak !!! hahaha… yang bener sampah-sampah tadi buat dijadiin bahas dasar daur ulang. Biasanya ada aja orang yang menerima jenis sampah-sampah seperti ini. Banyak seniman yang kreatif yang bisa menggubah sampah jenia ini jadi tas, dompet, tempat CD dan sebagainya.
  2. Jangan buang juga botol bekas minuman kamu, karma botol ini pun masih bisa didaur ulang menjadi vas bunga ataupun pot tumbuhan. Mulai sekarang, coba kamu kumpulin boto-botol dan kasih ke tukang kiloan barang bekas, kamu bisa dapet uang dari botol-botol itu sekaligus ikut partisipasi mencegah pemanasan global.

 

Gunakan Kertas secara Maksimal

Barang yang satu ini bisa dibilang kebutuhan pokok buat pelajar, karna terpakai buat mencatat semua pelajaran selama di sekolah. Sebagai pelajar, kita juga bisa ikut ngebantu mencegah bahaya global warming sesuai dengan kegiatan kita.

  1. Buku yang udah enggak kepakai jangan dibuang gitu aja, kamu bisa pakai lagi atau kalo masih ada halaman belakang yang masih kosong, ini bisa dipakai untuk coret-coretan kmu buat ngejawab PR dari atau tulisan-tulisan lainnya.
  2. Korang yang tertumpuk di gudang bisa kamu kumpulin lagi dan diolah jadi kertas daur ulang. Buat kamu yang kreatif, bisa menggolah korang bekas menjadi kertas daur ulang, caranya dengan merebus Koran tersebuat sampe ancur dan diberi pewarna sintetis trus diratain di atas papan, lalu dijemur deh. Ingat jangan terlalu tebal saat meratakan di atas papan tersebut, biar cepet kering! Kertas ini menari juga kalo dipake sebagai pembungkus kado dan kartu ucapan lainnya. Cobin aja, mungkin kalian bisa lebih kreatif lagi. Selamat mencoba yach !!!

Ngirit Memakai Plastik

Kamu harus tahu kalo plastic merupakan salah satu penyebab global warming, kenapa? Karna kantong plastik merupakan barang sekali pakai, yang nggak bisa diuraikan nakteri dalam tanah, makanya sampah pun juga akan bertambah banyak. Asal tahu aja, buat memproduksi 1 ton plastik diperlukan 11 barel minyak mentah (BBM). Rata-rata tiap orang memakai sekitar 170 kantong plastic pertahun. Artinya setiap satu menit sedikitnya 2 juta kantong plastic yang dibuang dan itu artinya dalam setahun, ada 1 triliun kantong plastic yang dipake oleh manusia. Gitu juga BBM yang terkuras! Makanya ayoo… kita kurangi pemakaian plastic sebisanya.

  1. Stiap belanja bulanan sama nyokap or bokap –Buat yang cew- or –cow yang rajin bantu ortu-, coba kamu beli kantong yang ramah lingkungan. Sekarang ini, seluruh supermarket banyak menjual tas ramah lingkungan dengan harga sekita Rp 5000,- dari bahan katun. Jadi setia kamu belanja bulanan bawa kantong itu dech. Tenang aja, kantong ini awet kok, jadi bisa dipakai beberapa kali loh.
  2. Kalo kamu Cuma belanja sedikit, misalnya beli cemilan pas nonton di bioskop, sebaiknya kamu tolak tawaran plastic dari supermarket itu, atau juga kamu pas belanja baju baru di mall, kalo belanja kamu nggak terlalu banyak sebaiknya kamu masukin belanjaan kamu di dalam tas kamu.
  3. Bilang ke pembantu di rumah supaya membuang sampah menggunakan karung, maksudnya? Begini ceritanya, setiap membuang sampah, biasanya dilapisi kantong plastic kan? Nah mulai sekarang setelag tempat sampah penuh, sampahnya dimasukin ke dalam karung, jadi kantong plasticnya nggak perlu dibuang.

Jangan nggak nyoba ya, kalo kamu uda ikutan sayangi bumi, nggak ada salahnya kamu tularin kebiasaan ini ke semua angota keluarga sampe temen-temen kamu yang lainnya. Dengan minimalis pemakaian barang-barang dang bisa mempercepat pemanasan global, semoga bumiini makin hijau dan makin baik lagi.

{ 0 Coment... read them below or add one }

Posting Komentar